Cegah TBC, Masyarakat yang kontak dengan Penderita di Skrining

27 Oktober 2023
MAKHBUB JUNAIDI
Dibaca 157 Kali
Cegah TBC, Masyarakat yang kontak dengan Penderita   di Skrining

SSR TBC Komunitas GF-ATM Mentari Sehat Indonesia Kabupaten Purbalingga mengadakan Skrining dan Pencegahan TBC berbasis Masyarakat melalui metode mobile CXR (27/10). bertempat di Balaidesa Karangtengah masyarakat yang pernah tinggal serumah atau yang bertetangga dengan orang yang pernah menderita TBC di Skrining dengan mobile CXR.

Menurut Aji dari Komunitas Mentari Sehat Indonesia, Kegiatan ini dilaksanakan untuk memutus rantai penyebaran penyakit TBC.

" Penyakit TBC itu mirip Covid, penyebaranya mudah sekali kepada lingkungan sekitar, yang membedakan hanya kalau Covid itu virus sedangkan TBC itu bakteri. Oleh karena itu kami mengundang masyarakat yang tinggal serumah dan yang bertetangga dengan penderita TBC untuk di skrining agar  penyebaran TBC dapat dicegah", jelasnya.

Beliau bercerita, Program ini adalah program percontohan dimana Kabupaten Purbalingga termasuk dalam program tersebut. Di Kecamatan Kertanegara kegiatan ini akan berlangsung di tiga tempat. Untuk hari ini di Desa Karangtengah, diundang 249 warga yang berasal dari 4 desa yaitu Desa Karangtengah, Karangasem, Kertanegara dan Mergasana. Selain Pemeriksaan TBC, dalam kegiatan ini juga dilaksanakan cek Tekanan darah, Cek Gula Darah dan Cek Kolesterol. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan jumlah penderita TBC akan semakin berkurang.