Pedoman Penyelenggaraan Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024

30 Mei 2024
MAKHBUB JUNAIDI
Dibaca 105 Kali
Pedoman Penyelenggaraan Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024

Kepala Badan Pembinaan Ideoligi Pancasila (BPIP)  telah mengeluarkan surat edaran nomor 1 Tahun 2024 tanggal 14 Mei 2024 tentang Pedoman Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024. Edaran ini berisi Pedoman pelaksanaan peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024. Panyampaian edaran ini sendiri dilaksanakan secara berjenjang mulain dari pusat diteruskan ke Propinsi kemudian diteruskan ke Kabupaten, kemudian Kecamatan dan Desa setelah itu disampaikan kepada masyarakat.

Dalam memeringati hari lahir Pancasila, Instansi pemerintah serta masyarakat diharapkan untuk :

  1. Mengibarkan Bendera Merah Putih 1 (satu) tiang penuh pada tanggal 1 Juni 2024;
  2. Mengikuti upacara Hari Lahir Pancasila pada tanggal 1 Juni 2024 secara terpusat di Lapangan Monumen Nasional Medan Merdeka Jakarta melalui siaran langsung kanal Youtube BPIP, Laman Facebook BPIP, Instagram BPIP dan siaran TV Nasional;
  3. Ikut memeriahkan peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2024 melalui berbagai media publik cetak, elektronik dan media sosial dengan menggunakan Tema dan Logo dengan ketentuan sebagai berikut :
    • Tema : "Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas Tahun 2045";
    • Logo dapat dinduh disini.
  4. Menyelenggarakan kegiatan/aktifitas Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 secara kreatif dengan tetap mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa, gotong royong, kesederhanaan, dan memperhatikan situasi dan kondisi terkini.

Demikian pedoman Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024, diharapkan seluruh elemen bangsa dapat ikut merayakan peringatan Hari Lahir Pancasila.