Berita Desa

Musdessus BLT DD Desa Karangtengah tetapkan 110 KPM

03 Februari 2022
MAKHBUB JUNAIDI
Dibaca 76 Kali
Musdessus BLT DD Desa Karangtengah tetapkan 110 KPM

Pemerintah Desa Karangtengah mengadakan Musdessus Penetapan KPM BLT DD di Balaidesa Karangtengah (03/02). Dipimpin oleh Ketua BPD dan dihadiri unsur RT, Lembaga Desa serta perwakilan tokoh masyarakat, dimusyawarahkan Keluarga Penerima Manfaat Bantuan Lansung Tunai tahun anggaran 2022.

Menurut Kepala Desa Karangtengah, Agus Suntoro, SH, Kebijakan penyaluran BLT DD dilaksanakan sebagai amanat Perpres nomor 104/2021 dimana Desa diwajibkan menganggarkan minimal 40 dari Dana Desa untuk BLT DD. Oleh karena itu, tahun ini, Desa Karangtengah menganggarkan Rp. 396.000.000;- untuk 110 KPM calon penerima manfaat Dana Desa dimana penerima manfaat akan menerima Rp. 300.000;- tiap bulan selama 1 tahun.

Lanjutnya, dalam penentuan KPM calon penerima BLT DD, Kepala Desa tidak dapat memutuskan sendiri, oleh karena itu penentuan KPM BLT DD dilakukan melalui Musyawarah Desa Khusun dengan melibatkan BPD, RT, dan unsur perwakilan masyarakat.

" Dalam menentukan calon penerima BLT DD, saya tidak dapat memutuskan sendiri, oleh karena itu diadakan Musyawarah yang melibatkan BPD, RT, lembaga dan unsur masyarakat untuk menentukan KPM BLT DD tahun anggaran 2022", jelasnya.

Dalam penentuan Keluarga Penerima Manfaat BLT DD dipilih keluarga yang memenuhi kriteria sebagai berikut :

  1. Keluarga miskin atau tidak mampu yang berdomisili di Desa bersangkutan dan diprioritaskan untuk keluarga miskin yang termasuk dalam kategori kemiskinan ekstrem;
  2. Kehilangan mata pencaharian;
  3. Mempunyai anggota keluarga yang rentan sakit menahun/ kronis;
  4. Keluarga miskin penerima jaring pengaman sosial lainnya yang terhenti baik yang bersumber dari APBD dan/ atau APBN;
  5. Keluarga miskin yang terdampak pendemi Corova Virus Disease 2019 (COVID-19) dan belum menerima bantuan; atau Rumah tangga dengan anggota rumah tangga tunggal lanjut usia.

Sementara itu, Kasi PMD Kecamatan Kertanegara, Ali Nasroh, S.Sos dalam sambutannya mengajak para peserta Musdessus untuk bermusyawarah dengan hati yang jernih untuk memutuskan siapa yang berhak menerima BLT DD sehingga diharapkan akan menghasilkan keputusan yang tepat dan bermanfaat bagi masyarakat Desa Karangtengah.)*Boeb.

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar

Komentar baru terbit setelah disetujui Admin

CAPTCHA Image