Ibu Hamil Desa Karangtengah menerima Bantuan Susu

06 Oktober 2023
MAKHBUB JUNAIDI
Dibaca 228 Kali
Ibu Hamil Desa Karangtengah menerima Bantuan Susu

Sebanyak 22 Ibu hamil di Desa Karangtengah menerima bantuan susu dan makanan ibu hamil dari Pemerintah Desa Karangtengah(06/10). Bantuan ini merupakan upaya Pemerintah Desa Karangtengah dalam mencegah secara dini balita stunting.

Stunting adalah masalah gizi kronis akibat kurangnya asupan gizi dalam jangka waktu panjang sehingga mengakibatkan terganggunya pertumbuhan pada anak. Stunting juga menjadi salah satu penyebab tinggi badan anak terhambat, sehingga lebih rendah dibandingkan anak-anak seusianya.

Menurut Kepala Desa Karangtengah, Agus Suntoro, SH, penanganan dan pencegahan Stunting merupakan program prioritas nasional penggunaan dana desa tahun 2023.

" Penanganan dan Pencegahan Stunting merupakan prioritas nasional penggunaan dana desa 2023, oleh karena itu kami menganggarkan dalam APBDesa 2023 " jelasnya

Kemudian beliau berharap, bantuan tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik sehingga Desa Karangtengah dapat terbebas dari balita stunting.

Selain pemberian bantuan, upaya Desa Karangtengah dalam pencegahan stunting adalah dengan adanya fasilitas kesehatan dan program kegiatan di bidang kesehatan yang sudah ada di desa, oleh karena itu beliau berhahap kepada para ibu hamil untuk memanfaatkannya dengan baik

" Di Desa karangtengah ada PKD, letaknya dekat di samping balaidesa selain itu setiap bulan  ada juga kelas ibu hamil, Oleh karena saya berharap ibu-ibu rutin memeriksakan kesehatan di PKD dan mengikuti kelas ibu hamil ", harapnya.

Dengan adanya bantuan makanan tambahan dan susu serta fasilitas kesehatan yang dekat, diharapkan kejadian stunting di Desa Karangtengah dapat di cegah.

Selain memberikan bantuan makanan kepada ibu hamil, bantuan juga diberikan kepada balita yang terindikasi stunting. Tercatat 4 balita menerima bantuan penanganan stunting karena saat pemeriksaan rutin di Posyandu mempunyai berat badan dan tinggi badan yang kurang dari ukuran ideal.