Peduli Kesehatan Remaja, Desa Karangtengah membentuk Posyandu Remaja

19 Juli 2024
MAKHBUB JUNAIDI
Dibaca 134 Kali
Peduli Kesehatan Remaja, Desa Karangtengah membentuk Posyandu Remaja

Pemerintah Desa Karangtengah mengadakan sosialisasi dan pembentukan Posyandu Remaja di Balaidesa Karangtengah (19/7). dengan dihadiri oleh Kepala Puskesmas Karangtengah, Perwakilan KUA Kertanegara serta perwakilan remaja Desa Karangtengah, kegiatan ini diisi dengan pemaparan tentang Posyandu Remaja oleh Puskesmas Karangtengah dan KUA Kertanegara serta diakhiri dengan pemilihan pengurus Posyandu Remaja Desa Karangtengah.

Kepala Desa Karangtengah Agus Suntoro, SH, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada remaja Desa Karangtengah yang mau datang dan berkumpul membentuk Posyandu Remaja. menurut beliau, remaja adalah masa depan desa. Ketika remaja mau berkumpul untuk melaksanakan kegiatan yang positif maka kedepannya akan berdampak baik bagi desa.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Karangtengah, drg. Nursyarifah Widiasih, menjelaskan Posyandu Remaja adalah wadah untuk berkumpul dan bersosialisasi dibidang kesehatan khusus remaja. Kegiatan ini akan membahas mengenai kesehatan fisik dan mental dengan tujuan membantu perkembangan remaja. Konsep penyelenggaraan Posyandu Remaja ini menerapkan sistem 5 meja yakni Meja 1 adalah registrasi, Meja 2 adalah wawancara atau screening, Meja 3 adalah pencatatan, Meja 4 adalah Pemeriksaan Kesehatan, Meja 5 adalah identifikasi faktor risiko, konseling, & tindak lanjut.

Kemudian dijelaskan manfaat dari kegiatan Posyandu Remaja yaitu :

  1. Memperoleh pengetahuan mengenai kesehatan
  2. Membekali remaja keterampilan hidup sehat
  3. Sebagai sarana sosialisasi remaja
  4. Kesehatan akan terus terpantau

Karena besarnya manfaat bagi remaja, drg. Syarifah berharap kegiatan ini akan berlangsung secara kontinyu

" Jadi kalau hari ini ada 30 remaja yang ikut Posyandu Remaja, bulan depan minimal sama 30 dan kalau bisa lebih banyak remaja yang ikut posyandu remaja ", harapnya.

Dalam pertemuan ini disepakati Posyandu Remaja Desa Karangtengah diberi nama Posyandu Remaja " Kawula Muda ". Dan setelah melalui proses musyawarah terpilih pengurus Posyandu Remaja "Kawula Muda" Desa Karangtengah yaitu :

Ketua : Syabila Utami

Sekretaris : Aulia Lovina Larasati

Bendahara : Aqlan Faqih Azizi

Wakil Dusun I : Amel Sintia Bela

Wakil Dusun II : Raafi Nur Aziz 

Wakil Dusun III : Nabila Kanza

Wakil Dusun IV : M. Aris Saputra.