Cegah Demam Berdarah, Pemerintah Desa Karangtengah adakan PSN Serentak.

17 Mei 2024
MAKHBUB JUNAIDI
Dibaca 147 Kali
Cegah Demam Berdarah, Pemerintah Desa Karangtengah adakan PSN Serentak.

Pemerintah Desa Karangtengah mengadakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) serentak di Desa Karangtengah (17/05). Dengan diikuti oleh Perangkat Desa, Kader Kesehatan, Perwakilan Kecamatan dan serta Masyarakat Desa Karangtengah, Kegiatan PSN dilaksanakan  dalam rangka menindaklanjuti intruksi Camat Kertanegara nomor 440/138 tentang pelaksanaan PSN serentak di Kecamatan Kertanegara.

Kepala Desa Karangtengah, Agus Suntoro, SH dalam kesempatan ini mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam kegiatan PSN ini terutama Kader Kesehatan.

" Pada saat ini kami mengucapkan banyak terima kasih dan penghargaan kepada Kader Kesehatan yang selalu menyukseskan setiap kegiatan PSN yang dilaksanakan di Desa Karangtengah seperti saat ini", ucapnya., Beliau berharap Kader Kesehatan akan selalu menjadi motor peningkatan kesehatan di Desa Karangtengah.

Dalam kesempatan ini beliau juga menjelaskan bahwa PSN ini dilaksanakan serentak setiap desa di Kecamatan Kertanegara. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya pencegahan wabah penyakit Demam Berdarah di Kecamatan Kertanegara khususnya Desa Karangtengah.

epesen 

Dalam Pelaksanaan PSN serentak di Desa Karangtengah, petugas PSN dibagi menjadi 10 kelompok. Setiap kelompok bertugas untuk mendatangi rumah yang sudah ada dalam daftar dan melakukan pengecekan tempat penampungan air di rumah tersebut apakah ada jentik nyamuknya atau tidak. kemudian Petugas PSN akan mencatat hasil yang ditemui di rumah tersebut. Dan yang terakhir, Petugas PSN mengedukasi masyarakat yang ditemui akan bahayanya penyakit Demam Berdarah dan pentingnya melaksanakan pencegahanya dengan melakukan 3 M plus yaitu :

  1. Menguras tempat penampungan air

  2. Menutup tempat-tempat penampungan air

  3. Mendaur ulang berbagai barang yang memiliki potensi untuk dijadikan tempat berkembang biak nyamuk Aedes aegypti yang membawa virus DBD pada manusia. )*Boeb