Puskesmas Karangtengah mensosialisasikan Vaksinasi Covid 19 untuk masyarakat Desa Karangtengah di Balaidesa Karangtengah (22/02). Hal ini dilaksanakan jelang diadakannya vaksinasi covid di Kecamatan Kertanegara. Dengan mengundang Tokoh masyarakat, tokoh agama serta tokoh pendidikan, sosialisasi diadakan untuk memberi pemahaman kepada masyarakat akan pentingnya vaksin covid 19.

Kepala Desa Karangtengah, Agus Suntoro, dalam sambutannya berharap, meskipun akan ada vaksin tetapi kesadaran masyarakat untuk menjalankan protokol kesehatan jangan sampai kendor.

” Kita belum tahu pasti kapan pandemi ini akan berakhir, oleh karena itu kami berharap kepada masyarakat desa karangtengah untuk terus menjalankan protokol kesehatan.”, ungkapnya.

selain itu beliau menjelaskan bahwa selama ini selalu berkoordinasi dengan Puskesmas terutama dengan Bidan Desa untuk mengatasi kasus Covid di Desa Karangtengah.

Vaksin untuk meningkatkan kekebalan terhadap Virus

Kabag TU Puskesmas Karangtengah, Darinto, dalam paparannya menjelaskan bahwa vaksinasi covid adalah pemberian produk biologi yang berisi antigen berupa mikro organisme yang sudah dilemahkan atau dimatikan dalam rangka menimbulkan dan meningkatkan kekebalan secara aktif terhadap suatu penyakit. Vaksin akan membuat tubuh seseorang mengelali virus penyebab penyakit tertentu sehingga apabila terpapar virus tersebut akan menjadi lebih kebal.

Sasaran Vaksinasi Covid 19 terdiri dari :

  1. Petugas Kesehatan
  2. Petugas Pelayan Publik
  3. Kelompok resiko tinggi lain
  4. Kontak Tracing
  5. Administrator Pemerintah

Pemerintah menargetkan setidaknya 60 % penduduk indonesia secara bertahap akan mendapatkan vaksin covid 19 agar mencapai kekebalan kelompok (herd immunity). herd immunity adalah perlindungan secara tidak langsung dari suatu penyakit menular yang terwujud ketika sebuah populasi memiliki kekebalan.

Rencananya, Vaksinasi untuk Kecamatan Kertanegara akan dimulai minggu ini. Vaksinasi akan dilaksanakan cara intramuskular lengan kiri dosis 0,5ml 2 kali suntik dengan jangka waktu 14 hari.)*boeb