Masyarakat tani Sawah Wetan Desa Karangtengah mengadakan tasyakuran potong tumpeng di areal sawah belik sempor (23/02). Tasyakuran ini dilaksanakan setelah selesainya musim panen sawah wetan desa.

Menurut ketua panitia penyelenggara, Teguh Santosa, kegiatan ini merupakan inisiatif petani saat sedang istirahat di gubug sawah

” Mas teguh, enggane dianakna syukuran motong tumpeng ning sawah sekalian slametan ben panene ngemben lewih apik”, ungkapnya menirukan usulan petani dalam logat jawa.

Lanjutnya, persiapan acara ini cukup sederhana, petani diminta membawa makanan sekedarnya, sedangkan untuk tumpeng berasal dari perangkat desa yang mempunyai bengkok disini.

Acara dimulai dengan tahlil dan kultum oleh tokoh agama setempat, dilanjutkan dengan sambutan kepala desa dan potong tumpeng kemudian diakhiri dengan rembug tani.

Kepala Desa Karangtengah, Agus Suntoro, mengaku awalnya cukup kaget dengan acara ini.

“Hari jum’at, saya dilapori pak carik,

‘pak, petani wetan desa mau mengadakan syukuran potong tumpeng hari minggu’

‘Oh.. ya, apa yang bisa saya bantu’

‘Mboten pak, sing penting bapake hadir mawon’.”, ceritanya mengawali sambutan.

Menurut beliau, acara ini bagus sekali, selain sebagai sarana menyukuri nikmat tuhan berupa hasil panen juga sebagai sarana bermusyawarah untuk kemajuan pertanian desa.

” Dengan berkumpul seperti ini, petani bisa menyampaikan unek-unek dan bermusyawarah terutama untuk percepatan musim tanam yang diharapkan sebelum bulan puasa sudah selesai tanam”, pungkasnya )*boeb.