Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi, mengadakan ” Gerakan Purbalingga Di Rumah Saja ” pada tanggal 9 sampai 11 Juli 2021. Gerakan yang dituangkan dalam Surat Edaran Bupati Purbalingga nomor 300/ 13002/2021 tanggal 7 Juli 2021 dilaksanakan sebagai upaya untuk menekan laju penyebaran Corona Virus Disease (Covid 19) di Kabupaten Purbalingga.

Adapun ketentuan gerakan tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Merupakan gerakan bersama seluruh komponen masyarakat di Kabupaten Purbalingga dalam rangka memutus transmisi dan menekan penyebaran Corona Virus Disease (Covid19) dengan cara tinggal di rumah/ kediaman/ tempat tinggal dan tidak melakukan aktifitas di luar lingkungan rumah/ kediaman/ tempat tinggal masing-masing.
  2. Dilaksanakan secara serentak, selama 3 (tiga) hari yaitu pada hari jumat sampai dengan hari minggu, tanggal 9 sampai dengan 11 Juli 2021.
  3. Dilaksanakan oleh semua komponen masyarakat kecuali unsur yang terkait dengan sektor esensial seperti Kesehatan, Kebencanaan, Keamanan, Energi, Komunikasi dan Tekhnologi Informasi, Keuangan, Perbankan, Logistik dan Kebutuhan Pokok Masyarakat, Perhotelan, Konstruksi, Industri Strategis, Pelayanan Dasar, Utilitas Publik dan industri yang ditetapkan sebagai objek vital nasional.
  4. Dilaksanakan sesuai dengan kondisi di wilayah masing-masing, termasuk diantaranya : Penutupan Jalan, Penutupan Toko, Penutupan Pasar, Penutupan Destinasi Wisata dan Pusat Rekreasi, Pembatasan hajatan dan pernikahan (tanpa mengundang tamu) serta kegiatan lain yang memunculkan potensi kerumunan.
  5. Dalam rangka pelaksanaan hal tersebut, kepada Para Pimpinan Perangkat Daerah, instansi Vertikal/BUMN/BUMD/Perusahaan, Para Camat, Para Lurah/ Kepala Desa. Satuan Tugas Penanganan Covid 19 pada semua tingkatan serta seluruh pemangku kepentingan terkait sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya dimohon untuk melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat terhadap kegiatan dimaksud

Demikian Gerakan Purbalingga Di Rumah Saja yang dicanangkan Bupati Purbalingga untuk menekan laju Covid 19 di Kabupaten Purbalingga. Tentunya gerakan ini tidak adan berhasil tanpa dukungan dan peran serta seluruh masyarakat Kabupaten Purbalingga.)*Boeb