Sub PIN Polio tahun 2024 akan diselenggarakan, ini jadwalnya

18 Januari 2024
MAKHBUB JUNAIDI
Dibaca 146 Kali
Sub PIN Polio tahun 2024 akan diselenggarakan, ini jadwalnya

Dinas Kesehatan Kabupaten Purbalingga dalam hal ini Puskesmas karangtengah akan melaksanakan Sub Pekan Imunisasi Nasional Polio ( SUB PIN Polio ) Tahun 2024. Kegiatan ini didasari oleh Keputusan Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Nomor HK.02.02/C/504/2023 tentang pelaksanaan Sub Pekan Imunisasi Nasional ( SUB PIN ) dalam rangka penanggulangan kejadian luar biasa polio Circulating  Vaccine- Deriped Poliovirus type 2 ( CVDPV2 ).

Kegiatan Sub PIN Polio ini didasarai bahwa dengan terjadinya pandemi Covid 19 mengakibatkan imunisasi rutin tidak dapat berjalan secara optimal, sehingga terjadi penurunan cakupan imunisasi rutin termasuk imunisasi polio. Hal ini menyebabkan jumlah anak yang tidak mendapatkan imunisasi rutin semakin banyak dan terindikasi pada bulan November 2022, dikonfirmasi kasus poliomyelits pada anak usia 7 tahun yang diakibatkan oleh Vaccine- Deriped Poliovirus type 2 ( CVDPV2 ).

Untuk Desa Karangtengah, Kegiatan Sub Pekan Imunisasi Nasional Polio ( SUB PIN Polio ) akan dilaksanakan pada tanggal 19 Januari 2023 dengan sasaran seluruh anak yang berusia 0 sampai dengan 7 tahun ( 7 tahun 11 bulan 29 hari) yang akan dibagi menjadi 3 tim yaitu :

  1. Tim 1, untuk Balita Kadus I & II (lokasi di tempat Bu Mistoti) dan SDN 1 Karangtengah;
  2. Tim 2, untuk Balita kadus IV (lokasi di balaidesa Karangtengah), RA Maarif Diponegoro Karangtengah dan PAUD;
  3. Tim 3, untuk Balita Kadus III dan SDN 2 Karangtengah.

Demikian jadwal Sub Pekan Imunisasi Nasional Polio ( SUB PIN Polio ), diharapkan semua pihak dapat turut serta mensukseskannya agar Indonesia, khususnya Desa Karangtengah dapat terhindar dari kasus Polio.