Cegah Demam Berdarah, FKD Desa Karangtengah Gelar PSN di Kadus 2

16 Maret 2023
MAKHBUB JUNAIDI
Dibaca 249 Kali
Cegah Demam Berdarah, FKD Desa Karangtengah Gelar PSN di Kadus 2

Forum Kesehatan Desa Karangtengah mengadakan kegiatan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) di wilayah Kadus 2. dengan membawa senter agar dapat melihat air dengan jelas, para kader Kesehatan berkeliling diwilayah Kadus 2 menyisir setiap genangan air baik itu di kamar mandi ataupun di pekarangan untuk mencari kemungkinan adanya jentik nyamuk yang bersarang di genangan tersebut.

Menurut Bidan Desa Karangtengah, Uji Lusiani, Kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya untuk mencegah penyakit yang disebabkan  oleh nyamuk seperti Demam Berdarah.

" Kegiatan PSN adalah upaya kita untuk memberantas sarang nyamuk yang dapat menyebarkan penyakit Demam Berdarah ", Jelasnya.

Selain mengadakan Pemantauan, Kader Kesehatan juga mengadakan penyuluhan kepada masyarakat tentang kegiatan 3M yaitu menguras, Menutup dan Mengubur serta menempelkan kertas kontrol di setiap rumah yang sudah diperiksa. Diharapkan, setelah kegiatan ini masyarakat juga secara mandiri membersihkan lingkungan rumahnya dari sarang nyamuk.

Dalam kegiatan PSN di Kadus 2 diperoleh hasil Angka Bebas Jentik (ABJ) yaitu prosentase jumlah tempat/bangunan yang tidak ditemukan jentik dibanding jumlah seluruh bangunan yang diperiksa  sebesar 95 %, Kontainer Indeks (CI) yaitu jumlah kontainer yang ditemukan jentik dalam seluruh kontainer yang diperiksa dirumah-rumah penduduk sebesar 1,6% dan Breteau Indeks (BI) yaitu peresntase jumlah wadah air yang terdapat jentik sebesar 4,1%.