Vaksinasi Covid-19, Seperti ini alurnya

25 Februari 2021
MAKHBUB JUNAIDI
Dibaca 214 Kali
Vaksinasi Covid-19, Seperti ini alurnya

Vaksinasi Covid-19 saat ini sudah mulai berjalan di Kecamatan Kertanegara. Tahap pertama vaksinasi untuk tenaga kesehatan sudah selesai dilaksanakan. Tahap kedua vaksinasi untuk Pegawai Kecamatan, Aparat Desa, TNI dan Polri saat ini sedang dilaksanakan dan secara bertahap hingga seluruh sasaran vaksin tercapai.

Seperti halnya pengadaanya yang tekah melewati serangkaian alur panjang untuk menjamin keamanan vaksin, proses pemberian Vaksin pun memiliki alur agar tidak terjadi efek negative setelahnya. Proses alur pelayanan Vaksin Covid -19 melalui tahap-tahap :

  • Pendaftaran dan Verifikasi

Calon Penerima Vaksin yang sudah terdaftar dan menerima undangan menunjukan bukti identitas diri berupa e-KTP kepada Petugas, kemudian petugas memverifikasi. Jika data sudah terverifikasi maka calon penerima vaksin melanjutkan ke meja selanjutnya.

  • Meja Skrining

Petugas memeriksa kesehatan calon penerima vaksin. Selain itu, petugas memberikan sejumlah pertanyaan kepada calon penerima vaksin yang berkaitan dengan kondisi kesehatan dan riwayat kontak dengan penderita Covid-19. Dari kondisi pasien dan jawaban atas pertanyaan tadi, petugas akan membuat kesimpulan apakah vaksinasi dapat dijalankan atau tidak

  • Vaksinasi

Petugas akan memvaksinasi calon penerima vaksin.

  • Pencatatan dan Observasi

Petugas akan memcatat hasil pelayanan imunisasi, selain itu, petugas akan mengobservasi  selama 30 detik untuk memonitor kemungkinan Kejadian ikutan paska imunisasi (KIPI). Setelah itu penerima vaksin akan menerima kartu vaksinasi serta diberitahu jadwal vaksinasi kedua.

Demikianlah alur pemberian vaksin kepada masyarakat. Seperti halnya proses pengadaanya, proses pemberiannya pun diadakan dengan alur yang ketat demi keamanan masyarakat. Semoga Pandemi Covid-19 segera berakhir.)*boeb